Artikel Terbaru

Tuesday, August 11, 2020

ATURAN PENENTUAN SKOR DALAM PERMAINAN FUTSAL

   

    Skor ada karena terciptanya gol yang berhasil dicetak oleh seorang pemain. Dalam sebuah pertandingan futsal, jumlah gol yang tercipta umumnya lebih banyak dari jumlah gol yang tercipta dalam pertandingan sepakbola. Interval waktu gol yang terjadipun tergolong cepat. Inilah yang membuat pertandingan futsal menjadi lebih menarik dari pertandingan olahraga lainnya.

    Dalam pertandingan futsal, sistem penentuan skor merujuk pada beberapa poin yakni:

a. Bola dikatakan gol apabila keseluruhan dari badan bola telah masuk ke dalam gawang (telah melewati garis sejajar dengan tinag gawang horizontal).

b. Penentuan pemenang dalam suatu pertandingan futsal ditentukan oleh banyak gol yang dilakukan oleh satu tim, dimana jumlah tersebut lebih banyak dari gol yang diciptakan tim lawan.

c. Peraturan yang menjadi kesepakatan bersama penyelenggaraan kompetisi dapat berupa penambahan waktu atau langsung kepada babak adu pinalti, manakala kedua tim tidak mampu melesakkan jumlah gol yang berbeda. Skor sama ini tidak dapat dijadikan keputusan untuk memilih pemenang. Namun bisa menjadi hasil akhir sebuah pertandingan, yakni hasil seri, jika kompetisi mengharuskan seperti itu.

Sumber: Buku Pintar Panduan Futsal; Muhammad Asriady Mulyono; Penerbit laskar aksara; Jakarta; 2014

No comments:

Post a Comment