Artikel Terbaru

Monday, August 10, 2020

ATURAN LAMANYA WAKTU PERTANDINGAN PADA PERMAINAN FUTSAL

a. Jumlah babak dan durasi masing-masing babak.

Dalam pertandingan futsal, ada dua babak yang harus dimainkan oleh kedua tim, yakni babak pertma selama 20 menit dan babak kedua juag 20 menit. Manakala diperlukan tambahan waktu karena belum didaptkan pemenang maka diadakan perpanjangan waktu 5 menit (perpanjangan waktu dilakukan sebanyak dua babak). Dan apabila tidak menghasilkan pemenang juga maka diadakan adu tendangan penalti.

b. Permintaan time-out dalam suatu pertandingan futsal diperbolehkan sama halnya seperti pertandingan basket maupun bola voli.

c. Time-out atau waktu sela yang diminta oleh suatu tim adalah selama 1 menit dengan catatan: satu kali time-out untuk satu tim selama satu dan dua berlangsung. Tim yang meminta time-out, pada saat meminta harus menguasai bola terlebih dahulu.

d. Arahan yang diberikan oelh official tim yang meminta time-out kepada timnya sendiri harus dilakukan dari area di luar garis pembatas lapangan.

e. Waktu istirahat yang diberikan hanya 15 menit dan diberikan ketika babak pertama selesai. Istirahat 15 menit juga dapat diberikan ketika selesai babak kedua namun belum ada pemenang sebelum dilanjutkan ke babak tambahan waktu.


Sumber: Buku Pintar Panduan Futsal; Muhammad Asriady Mulyono; Penerbit laskar aksara; Jakarta; 2014

No comments:

Post a Comment