Artikel Terbaru

Wednesday, August 5, 2020

AKTIVITAS PERMAINAN DAN OLAHRAGA

  
 
Gerakan dasar dapat dibedakan menjadi gerakan lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif. Gerak lokomotor dilakukan dengan berpindah tempat. Gerak nonlokomotor tanpa berpindah tempat. Sementara itu gerak manipulatif dilakukan dengan menggunakan alat.

A. Kombinasi Gerak Lokomotor 

1. Latihan Kombinasi Gerak Berjalan, Berlari, dan Melompat

     a. Berjalan, Berlari, dan Melompat ke Depan

        Sikap badan berdiri tegak. Berjalanlah dengan langkah biasa sebanyak 5 langkah. Kemudian berlarilah 7 langkah, dilanjutkan lompat ke depan dengan mendahulukan kaki kanan dan mendarat dengan kaki kanan pula. Lakukan lagi, tetapi mendarat dengan menggunakan kedua kaki bersamaan.

     b. Berjalan, Berlari, dan Melompat ke Belakang

         Sikap berdiri tegak. Berjalanlah dengan langkah biasa sebanyak 5 langkah. Kemudian berlarilah 7 langkah, dilanjutkan lompat ke belakang dengan mendahulukan kaki kanan dan mendaratdengan kaki kanan pula. Lakukan lagi, tetapi mendarat dengan menggunakan kedua kaki bersamaan.

2. Kombinasi Gerak Berjalan, Berlari, dan Melompat dalam Permainan.

a. Permainan Kucing-Kucingan

     Atau kita bermian kucing-kucingan. Permainan ini dilakukan dalam satu kelompok besar di satu tempat yang di batasi garis. Satu orang menjadi makanan. Si kucing berusaha menangkap makanan. Apabila makanan tertangkap, ia diganti berperan menjadi kucing. Mulai permaian ini kamu lakukan kombinasi gerakan berjalan, berlari, dan melompat untuk menghindari kejangan kucing.

b. Permianan Gobak Sodor

      Perminan gobak sodor dilakukan oleh dua regu. Setiap regu terdiri atas tiga sampai lima pemain. Salah satu regu sebagai penjaga dan regu lain sebagai penyerang. Saat permainan dimualai, regu penjaga menempati garis perminan. Regu penyernag berusaha menerobos garis dan menghindari tangkapan regu penjaga. Penjaga boleh menyentuh dan menangkap penyerang hanya di tempat berdirinya saja. Misalnya penjaga di garis depan, ia hanya boelh berada di garis depan. Penjaga di garis tengah hanya boleh berada garis tengah.

      Apabila salah seorang regu penyerang tersentuh atau tertangkap, regu penyerang berganti menjadi regu penjaga. Apabila salah seorang regu penyerang berhasil lolos sampai ke garis depan, tanpa tersentuh

No comments:

Post a Comment