Artikel Terbaru

Saturday, June 25, 2016

AKTIVITAS PENGEMBANGAN POSTUR TUBUH

     Tubuh manusia terdiri dari berbagai sel-sel. Masing-nasing sel memiliki fungsi dan peranan yang berbeda - beda. Seiring pertambahan usia, tubuh pun mengalami pertumbuhan. Untuk mendapatkan postur tubuh yang sehat dan bugar, tubuh perlu melakukan aktivitas. Salah satu bentuk aktivitas itu adalah olahraga. Sebelum berolahraga, perlu melakukan gerakan pemanasan. Hal ini dilakukan agar timbul sesuatu yang tidak diinginkan, misalnya cedera.
     Senam pemanasan adalah gerakan senam yang dipergunakan untuk menyiapkan jasmani dan rohani menuju olahraga yang sebenarnya. Jenis gerakan senam pemanasan merupakan gerakan-gerakan yang menarik, mudah, dan tidak melelahkan. Gerakan itu anatara lain: berjalan, berlari, melompat, dan melempar. Gerakan-gerakan itu bisa dikemas dalam sebuah permainan uang menundang unsur kelentukan, kecepatan, kelincahan, kekuatan, dan kesenangan, yang mengarah pada olahraga sebenarnya.
     Senam pemansan dilakukan dengan tujuan untuk:
  1. Menghindari kemungkinan terjadinya cedera saat melakukan olahraga.
  2. Mempersiapkan kondisi tubuh menuju olahraga yang sebenarnya, baik berupa kelntukan, kecepatan, kekuatan, kelincahan, keseimbangan, konsentrasi, dan sistem pernapasan.
  3. Melancarkan sistem peredaran darah.

A. Menidentifikasi Anggota Tubuh yang Perlu Dilatih untuk Memperbaiki Postur Tubuh
  Untuk memperbaiki postur tubuh diperlukan suatu latihan gerakan olahraga dalam upaya memperbaiki otot-otot anggota tubuh tertentu yang dipandang kurang ideal. Contohnya otot lengan, otot dada, otot perut, otot punggung, dan otot kaki yang tidak sesuai dengan berat badan, tinggi badan, dan usia. Untuk anak usia SD perlu penanganan yang lebih mendalam mengenai hal tersebut, karena antisipasi lebih dini dapat mencegah kemungkinan yang akan terjadi dan penanganannya lebih mudah.
     Dalam mengadakan latihan memperbaiki otot-otot tubuh tersebut harus dilakukan secara sistematis dan benar. Latihan tersebut dapat dilakukan dalam berbagai macam cabang olahraga, misalnya: berjalan, berlari, bersepeda, berenang, dan sebagainya. Misalny anak yang perutnya gendut/buncit dengan latihan sit up dan beck liff. Otot tangan kecil/tidak kuat dengan melakukan gerakan push up, untuk memeperbaiki otot kaki dengan berenang, berlari, naik turun tangga. Latihan untuk memperbaiki postur tubuh dengan atau tanpa alat harus disesuaikan dengan usia.

B. Latihan untuk Memperbaiki Cacat Tubuh Bukan Bawaan
     Latihan ini dapat dilakukan dengan cara peregangan untuk memperoleh kelentukan sendi. Misalnya: sendi putar yang terletak pada leher, pergelanagn tangan, dan kaki.
1. Peregangan pada Leher
    Cara melakukan:
  • Posisi awal berdiri tegak, kedua kaki dibuka selebar bahu, dan tangan kanan menarik kepala ke arah kanan, tangan kiri rileks di samping badan.
  • Lakukan gerakan tersebut secara bergantian dengan tangan kiri, selama 2 x 8 hitungan.
Selain latihan di atas, ada cara peregangan lain yang dapat dilakukan, untuk peregangan pada leher, cara itu adalah:
  • Posisi awal berdiri tegak, kedua kaki dibuka selebar bahu, ke dua tangan mendorong dagu ke atas, sehingga pandangan lurus ke atas Lakukan dalam 2 x 8 hitungan.
  • Posisi awal berdiri tegak, ke dua kaki dibuka selebar bahu, kedua tangan menarik kepala ke bawah sehingga pandangan ke bawah, lakukan gerakan menahan ini dengan 2x8 hitungan.


2. Peregangan Sendi Pergelangn Tangan
    Cara melakukan:
  • Posisi awal berdiri tegak, kedua kaki dibuka selebar bahu, dan kedua jari-jari tangan terbuka. Saturkan kedua tangan, putar kedua jari-jari tangan, dorong ke depan dengan 2x8 hitungan, ke atas dengan 2x8 hitungan.
  • Posisi awal berdiri tegak kedua kaki di buka selebar bahu dan kedua tanagn lurus ke depan, peregangan rileks, putar kedua pergelangan ke arah terbuka dengan 2x8 hitungan dan putar ke arah dalam dengan 2x8 hitungan.





3. Pergelangan Sendi Pergelangan Kaki
Cara melakukan:
  • Posisi awal berdiri denagn salah satu kaki di depan selebar bahu dan kedua tanagn di pinggang.
  • Selanjutnya luruskan pergelangan kaki belakang, tekuk kaki depan sehingga gerakan tubuh ke bawah.
  • Lakukan secara bergantian dengan 2x8 hitungan.

No comments:

Post a Comment