Artikel Terbaru

Saturday, May 14, 2016

PERMAINAN DAN OLAHRAGA ATLETIK

TOLAK PELURU

Toalk peluru termasuk salah satu nomor dalam cabang olahraga atletik. Ada dua macam tolak peluru yaitu gaya samping, posisi menghadap ke arah tolakan (ortodok) dan gaya posisi membelakangi ke arah tolakan (Perry O'braien).

Lapangan Tolak Peluru
Peluru


Cara Memegang Peluru

Peluru di letakkan di antara telapak tangan dengan pangkal jari-jari, ibu jari, dan keempat jari membagi rata-rata peluru yang dipegang. Kemudian peluru tersebut ditempelkan antara pengkal leher dengan bahu dan siku di tekuk lemas ke samping. Tangan yang lain direlakskan ke depan untuk menjaga keseimbangan. Letakkan kaki ayunan ke depan dan kaki tumpu agak ditekuk sedikit.

Awalan Dan Tolakan

Ayunan kaki, ke depan dan ke belakang dengan rileks. Ayunan diteruskan melingkar, pada saat kaki tumpu jengket satu langkah ke arah tolakan, dengan tolakan peluru dengan sudut 45 derajat, di barengi menarik kaki  kiri ke samping.

Sikap Akhir Setelah Menolak

Kaki kiri berfungsi sebagai penahan gerakan. Selanjutnya setelah tangan kanan menolak diikuti gerak loncat kaki kanan ke depan.

Tahap Latihan Menolak

Setelah mengetahui cara memegang peluru dan awalan dengan benar, coba pergunakan bola kasti atau batu, sebagai latihan sebelumnya mempergunakan peluru sebenarnya.
Siswa dibagi dua regu berbanjar. Masing-masing regu siswa secara berurutan nomor satu memegang bola kasti sebagai pengganti peluru. Lakukan menolak peluru. Selanjutnya urutan nomor dua, dari masing regu mencoba begitu seterusnya sampai selesai.



No comments:

Post a Comment