Artikel Terbaru

Tuesday, May 31, 2016

DASAR - DASAR SENAM

BALOK KESETIMBANGAN ( Balance Beam)

   
      Daya tarik (pesona) olahraga senam ditampilkan di atas balok kesetimbangan, lomba senam untuk wanita yang mengkombinasikan unsur akrobatik dan unsur tarian di atas permukaan balok yang lebarnya 4 inci. Kesetimbangan  adalah kunci dan daya tarik utama pada balok titian. Pesenam pemula harus merencanakan suatu latihan untuk meninngkatkan keterampilan kesetimbangannya. Hal ini akan menyebabkan pesenam wanita sanggup melaksanakannya dengan aman, konsisten, dengan penampilan yang baik dan penuh kepercayaan pada dirinya.
     Mulailah dengan mempelajari keterampilan kesetimbangan ini di atas lantai. Pindahkan latihan dari lantai ke balok yang rendah, dilanjutkan pada balok ukurannya tinggi, pada saat anda mendemostrasikan penguasaan keterampilan yang baru. Untuk menjaga keselamatan bila anda terjatuh, lapisilah lantai dengan matras setebal 12,5 cm, lebar 360 cm, dan panjang 840 cm.

LATIHAN BERJALAN DAN KESETIMBANGAN ( Walking and Balance Exercises)
     Janganlah tergesa - gesa untuk melakukan gerakan yang sulit di atas balok titian. Pelajarilah dasar latihan kesetimbangan hingga diperoleh dasar untuk meningkatkan keterampilan yang dapat dilakukan dengan meyakinkan dan penuh keanggunan. Mulailah dengan belajar meluruskan badan sambil berdiri di atas balok. Kepala harus tegak dagu dan leher membentuk sudut 90 derajat. Pandangan dipusatkan pada ujung balok titian dan jangan menunduk. Bahu ditarik ke bawah dan ke belakang. Tangan bersikap gemulai dan bergaya, janganlah berbuat sesuatu gerak di atas balok dengan tangan yang lurus dan kaku. Jagalah agar badan tetap lurus dengan menarik perut dan menyingsikan pinggul untuk menceggah punggung membungkuk. Putar kaki anda mendatar ke samping dan letakkan dengan posisi miring di atas balok. Ini akan meningkatkan kewaspadaan anda dapat menjadi tumpuan, jari kaki dan sisinya untuk membantu kesetimbangan. Permukaan balok yang tertutup kaki anda akan memperbaiki sikap ini, yang sangat bermanfaat bila melakukan loncatan dan keterampilan-keterampilan akrobatik. Hal lain untuk membantu kesetimbangan ini ialah dengan menampakan seluruh telapak kaki anda di atas balok, dan janganlah semata-mata mengandalkan pada kesanggupan visual.
     
BERJALAN (Walking)
     Dimulai dengan sekap badan yang benar-benar lurus (sikap tubuh yang ramping langsing). Pinggul dilangsingkan, bahu di tarik ke belakang dan ke bawah, tangan di rentangkan ke samping. Buatlah/lakukan langkah kecil ke depan. Berjalanlah dengan jinjit. Putar kaki anda ke samping dan letakkan dengan posisi miring di atas balok untuk menjaga kesetimbangan yang lebih besar. Kepala tetap tegak dan irama langkah yang baik. 



No comments:

Post a Comment