Artikel Terbaru

Tuesday, March 22, 2016

BAHAYA NARKOBA BAGI TUBUH

BAHAYA NARKOBA BAGI TUBUH

Istilah narkoba merupakan singkatan dari narkotika, psikotropika, dan obat terlarang. Narkoba di dalam dunia medis sangat berguna. Narkoba berguna apabila penggunannya berdasarkan petunjuk dokter, misalnya untuk obat bius dan penekan rasa nyeri. Tapi narkoba sangat berbahaya, apabila disalahgunakan pemakaiannya, dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan fisik, ketergantungan bahkan sampai mengakibatkan kematian.



A. Narkoba Dan Jenisnya

Narkoba adalah bahan atau zat kimia yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan (pikiran,perasaan, prilaku) seseorang dan dapat menimbulkan ketergantungan fisik dan psikologi. Dalam dunia medis narkoba digunakan sebagai obat bius (anestetik) dan penekan rasa nyeri (analgesik). Jenis-jenis narkoba antara lain: candu,ganja,kokain,morfin,ekstasi,heroin,methamphetamine,putauw,dan obat-obat berbahaya lainnya.




Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman(sintetis maupun semi-sintetis) yang dapat menyebabkan turunnya kesadaran, hilangnya rasa nyeri, dan timbulnya ketergantungan. Jenis-jenis narkotika antra lain:

1. Ganja (cannabis)

Ganja merupakan bagian tanaman (daun dan bunga) yang mengandung kanabioid psikoaktif yang kekeringan. Tanaman ganja banyak ditemukan di negara Amerika Utara dan Amerika Selatan.
Penggunaanya biasanya dicampurkan dalam lintingan rokok. Bahaya yang ditimbulkan apabila mengonsumsi ganja adalah bersikap apatis, acuh tak acuh, infeksi saluran pernapasan, dan ketagihan.






2. Kokain


Kokain merupakan alkaloid dari tanaman belukar Erythroxylon coa yang berasal dari Amerika Selatan. Daun dari tanaman kokaiin apabila dikunyah dapat menimbulkan efek stimulan. Penyalahgunan kokain akan menimbulkan kebiasaan berhalusinasi (berkhayal) dan ketergantungan.




3. Candu

Candu atau opium dihasilkan dari getah tanaman papever somniferum yang berwarna putih dan dinamai lates, dengan tinggi antara 70-110 cm. Bagian yang digunakan sebagai bahan candu adalah getah sadapan yang dikeringkan kemudian diolah menjadi larutan menyerupai aspal lunak (candu mentah). Candu mentah diolah hingga masak, lalu dijadian morfin, heroin, kokain.



Penyalahgunaan candu dapat mengakibatkan infeksi saluran pernapasan, penyakit ginjal,jantung, hati, kekuranagan gizi, kecanduan, dan kematian. Psikotropika adalah zat atau obat selain narkotika yang berkhasiat psikoatif dan menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan prilaku. Zat yang termasuk psikotropika antara lain: ekstasi, methamphetamine, obat penenang. Obat berbahaya adalah jenis obat tertentu yang sering digunakan dalam dunia kedokteran untuk mengobati penyakit tertentu.



No comments:

Post a Comment