Artikel Terbaru

Wednesday, October 14, 2020

KETERAMPILAN DASAR DAN PEMBELAJARAN PERMAINAN KASTI

A. Keterampilan dasar Permainan Kasti
1. Permainan kasti hendaknya dilakukan dengan sungguh-sungguh baik oleh tim penjaga mapun tim pemukul. Sehingga dalam permainan tersebut terasa hidup dan tidak pasif.
2. Seorang pemain bola kasti harus benar-benar sudah siap fisik dan siap mental.
3. Seorang pemain tidak dibenarkan memiliki atau mempunyai rasa bala dendam bila terkena lemparan bola sehingga tidak terjadi saling balas dendam.
4. Semua teknik harus dikuasai oleh pemain, sebab mereka akan merasakan ke semuanya baik sebagai regu pemukul maupun sebagai regu penajaga.


B. Pembelajaran Permainan Bola Kasti
Agar permainan ini jadi menarik dan bergairah dalam melakukan permainan bola kasti hendaknya dilakukan sambil mempelajari beberapa keterampilan dasar, serta harus bekerja sama untuk menjaga ruang. Satu hal yang penting adalah bahwa permainan ini hendaknya dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Gerakan Dasar Bermain Kasti
Agar bisa bermain bola kasti dengan baik, maka harus bisa menguasai keterampilan gerakan, seperti keterampilan melempar dan menangkap bola, mengoperasikan bola dan keterampilan melakukan gerakan berlari atau berjalan.

A. Melempar Bola
1. Melempar bola dari bawah
2. Melempar bola dari sampingt
3. Melempar bola dari atas

B. Menangkap Bola
1. Menangkap bola dari atas
2. Menangkap bola mendatar dari samping
3. Menangkap bola rendah
4. Menangkap bola menggelinding

C. Memukul Bola
1. Pukulan dari bawah
2. Pukulan mendatar
3. Pukulan dari atas

D. Gerakan berlari, berjalan, dan menghindar
Dalam permainan bola kasti, keterampilan gerakan seperti berlari, berjalan, ataupun menghindar sangat diperlukan. Di samping itu, gerakan menghindar dalam permainan kasti sangat berperan penting. Sebab bila tidak memiliki keterampilan menghindar, maka akan mudah sekali tertangkap lawan dengan lemparan bola.

Bentuk Lapangan Kasti



No comments:

Post a Comment