Artikel Terbaru

Monday, August 10, 2020

ATURAN MEMULAI PERTANDINGAN PADA PERMAINAN FUTSAL

            

        Seperti lazimnya sebuah pertandingan, dalam pertandingan futsal juga dikenal undian untuk menentukan tim mana yang berhak menguasai bola terlebih dahulu. Biasanya, digunakan koin untuk pengundian ini. Sebelum pertandingan dimulai, wasit terlebih dahulu menanyakan kepada kapten masing-masing tin untuk memilih antara bola sepakan pertama atau gawang. Kedua tim bebas memilih. Dan saat koin dilemparkan, salah satu berhak menentukan apakah menjadi penendang pertama atau memilih gawang.

Memasuki babak kedua, tim yang sebelumnya tidak mendapatkan giliran sepakan pertama akan mendapatkan giliran sepakan pertama di babak kedua. Dan jika perpanjangan waktu, tim yang mendapatkan sepakan pertama pada babak pertama akan memulai sepakan pertama di babab perpanjangan waktu babak pertama.

Karena lapangan futsal yang tidak begitu luas, hal ini memungkinkan seorang pemian untuk melakukan tendangan keras yang mengarah langsung ke gawang lawan. Apabila hal tersebut dilakukan dan berbuah gol maka gol tersebut dianggap sah. Teknik ini sering sekali dipakai dan rata-rata berhasil dilaksankan.

Ada beberapa aturan mendetail mengenai tata cara memulai sebuah pertandingan futsal, yaitu:

a. Kick off

Kick off atau disebut juga tendangan awal dalam pertandingan futsal terjadi saat awal babak pertama, awal babak kedua, setelah gol terjadi, dan pada setiap babak perpanjangan waktu.

b. Dalam melakukan kick off, semua pemain harus berada di dalam wilayah setengah lingkaran. Apabila sesaat sebelum dilakukan kick off ada pemain yang kelaur dari wilayah ini, kick off diulang kembali.

c. Setelah ditentukan tim mana yang akan mengambil tendangan pertama, pemain dari tim tersebut mengambil posisi sekitar 3 meter dari bola guna mengambil persiapan sebelum menendang.

d. Bola kick off harus dilakukan di tengah-tengah lapangan. Posisi bola ditunjukan oleh titik putih di tengah-tengah lapangan.

e. Wasit akan mengambil alih pertandingan sebelum kick off dilaksanakan dengan memberi aba-aba kepada pemain yang akan melakukan tendangan awal.

f. Wasit juga akan memastikan bahwa kedua tim siap memulai pertandingan. Ia akan memberi aba-aba kepada penjaga gawang dari kedau tim. Dan jika penjaga gawang telah siap. Kick off pun dimulai.

g. Bola kick off berada di dalam area permainan ketika pertandingan tersebut fimulai dan bola bergerak maju ke depan, ke arah permainan lawan.

h. Pemain yang menjadi eksekutor tendangan awal, tidak diperbolehkan menyentuh atau menendang bola secara berturut-turut sebanyak dua kali sebelum bola tersebut disentuh oleh pemain lain, baik oleh pemain daru timnya sendiri maupun pemian dari tim lawan.

i. Jika terjadi gol maka yang akan melakukan kick off adalah pemain yang berasal dari tim yang gawangnya baru saja kebobolan gol.

j. Sanksi akan diberkan kepada sautu tim manakala penendangan awal menyentuh boal dua kali berturut-turut. Hukuman akibat pelanggaran ini adalah tendangan bebas tidak langsung yang diberikan kepada tim lawan.

k. Apabila dalam sautu pertandingan futsal terjadi peristiwa yang mengharuskan pertandingan tersebut dihentikan sementara, wasit akan menjatuhkan bola pada titik dimana pertandingan tadi dihentikan sementara. Sebelumnya wasit akan memanggil satu orang pemain dari masing-masing tim untuk berdiri di area bola yang akan dijatuhkan. Bola yang dijatuhkan hanya dapat ditendang oleh salah satu pemain tersebut sesaat ketika bola telah menyentuh permukaan lapangan. Hal ini tidak berlaku bila penghentian pertandingan terjadi di dalam zona penalti. Bola yang akan dijatuhkan akan berada di garis penalti yang dekat dengan wilayah penghentian tadi.


Sumber: Buku Pintar Panduan Futsal; Muhammad Asriady Mulyono; Penerbit laskar aksara; Jakarta; 2014


No comments:

Post a Comment